cover
Contact Name
Muhamad Suhard
Contact Email
jurnal.P4I@gmail.com
Phone
+6289681071805
Journal Mail Official
jurnal.P4I@gmail.com
Editorial Address
Lingkungan Handayanai, Kel. Leneng, Kec. Praya, Kab. Lombok Tengah
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah
ISSN : 27985741     EISSN : 27985733     DOI : https://doi.org/10.51878/action.v1i2.639
Core Subject : Science, Education,
ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Classroom and School Action Research.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2021)" : 16 Documents clear
PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU) PADA KELAS XII MIPA5 SMA NEGERI 1 PONTIANAK ELIS WISMARNI
ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.257 KB) | DOI: 10.51878/action.v1i1.282

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui proses pembelajaran passing bawah bolavoli melalui pendekatan Teaching Games for Understanding (TGFU) pada siswa kelas XII MIPA5. Subjek penelitian pada ini adalah siswa kelas XII MIPA5 berjumlah 22 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipasi. Penelitian ini menggunakan instrumen yaitu, lembar observasi untuk guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan analisis data secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Teaching Games for Understanding dapat meningkatkan proses pembelajaran passing bawah kelas XII MIPA5. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa (1) Siswa menjadi lebih aktif dengan menggunakan pendekatan Teaching Games for Understanding, senang dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran bolavoli, (2) Hasil belajar yang dicapai siswa meningkat dengan nilai rata-rata kelas 76,5 % (Sangat Baik) dan hasil observasi keaktifan siswa dengan skor total 9 (Baik)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 4 TENGANAN SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2018/2019 I MADE ARTA
ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.775 KB) | DOI: 10.51878/action.v1i1.283

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian tindakan kelas ini dirancang dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Cakupan materi yang dipelajari pada siklus I adalah perjuangan para pejuang pada penjajahan Belanda dan Jepang, dan siklus II peranan tokoh pejuang dalam persiapan kemerdekaan Indonesdia. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 4 Tenganan tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 10 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar IPS . Data hasil belajar IPS dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar yang berjumlah 10 butir soal pilihan ganda. Kreteria keberhasilan tindakan jika rata-rata hasil belajar IPS siswa minimal 75 dengan ketuntasan klasikal minimal 80%. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Tenganan Tahun Pelajaran 2018/2019. Rata-rata hasil belajar IPS dari siklus I sebesar 73,00 dan siklus II menjadi 84,00 dengan ketuntasan klasikal dari 70% di siklus I menjadi 90% di siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPS sebesar 20,00%..Diharapkan teman sejawat mau mencoba melakukan PTK dalam rangka perbaikan pembelajaran. Dalam pembelajaran di SD khususnya IPS, instansi berwenang seperti Dinas Pendidikan Kecamatan dan instansi lainnya diharapkan dapat menggunakan hasil penelitian ini dalam rangka pengembangan pembelajaran IPS di SD dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE PETA KONSEP BAGI SISWA KELAS III I NYOMAN TAMBUN ARIANTA
ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.784 KB) | DOI: 10.51878/action.v1i1.284

Abstract

IPS merupakan bagian dari ilmu sosial, keberadaan IPS dalam struktur program pembelajaran di SD sangat penting untuk diajarkan karena IPS memberikan pengetahuan, pembentukan nilai dan sikap serta keterampilan kepada siswa secara langsung berinteraksi dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. Selama ini pembelajaran IPS di SD Negeri 1 Subagan yang dilaksanakan cenderung ke arah pembahasan teori yang bersifat khusus (tematik teoritik) dan berdasarkan materi yang ada di dalam buku (text book oriented) sehingga terkesan bahwa bidang ini terdiri dari materi hafalan saja. Dari hasil pembelajaran IPS terdapat 8 siswa (25,53%) dari 34 siswa yang mencapai KKM, sedangkan 26 siswa (76,47%) belum mencapai KKM dengan nilai rata-rata yang diperoleh 60,82. Guna mengatasi permasalahan tersebut maka peneliti akan mencoba menggunakan metode yang dapat diterima dan mudah dipahami siswa kelas III SD Negeri 1 Subagan. Metode yang digunakan oleh peneliti ialah metode peta konsep. Dengan melihat latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah metode peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas III SD Negeri 1 Subagan Tahun Pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunaan metode peta konsep pada siswa kelas III SD Negeri 1 Subagan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penggunaan Metode Peta Konsep Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Bagi Siswa Kelas III SD Negeri 1 Subagan Tahun Pelajaran 2017/2018 mengalami peningkatan, yaitu sebelum diterapkannya metode peta konsep pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, diperoleh sebanyak 8 siswa atau 25,53% tuntas dan 26 siswa atau 76,47% belum tuntas. Namun setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan metode peta konsep dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang efektif dapat memperbaiki pola pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan ketuntasan hasil belajar disetiap siklusnya. Keberhasilan ini disebabkan dengan penerapan metode peta konsep dengan menanamkan konsep-konsep pokok sehingga aktivitas siswa menjadi aktif dan senang mengikuti pembelajaran. Berarti siswa ceenderung positif dalam mengikuti proses belajar mengajar yang diberikan guru maupun dalam melakukan diskusi serta tanya jawab di dalam kelas. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar pada siklus I dan II diperoleh data bahwa hasil belajar siswa meningkat. Hasil tes siklus I diperoleh sebanyak 20 siswa atau 58,52% tuntas dan 14 siswa atau 41,13% belum tuntas. Kemudian pada hasil tes siklus II menunjukkan 31 siswa atau 91,17% tuntas dan 3 siswa atau 8,83% belum tuntas. Dengan adanya peningkatan yang terjadi pada siswa yang telah mencapai 91,17% siswa telah tuntas dan melebihi 75% indikator keberhasilan maka dinyatakan bahwa perbaikan pembelajaran ini telah berhasil
PENGGUNAAN BEBERAN CHARTA UNTK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA ENDANG WAHYUNINGSIH
ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.342 KB) | DOI: 10.51878/action.v1i1.289

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan beberan charta dalam pembelajaran pada siswa SMP. Subyek penelitian adalah 26 siswa kelas VIII-C SMPN 2 Baureno Bojonegoro. Pada umumnya siswa dalam belajar hanya membaca tanpa memahami isi pelajaran. Mereka kurang terlatih untuk berfikir, menyampaikan ide dan memecahkan masalah. Pada setiap kegiatan pembelajaran IPA siswa cenderung pasif, kurang bersemangat dan sulit untuk aktif bertanya maupun menyampaikan pendapatnya serta kurang bertanggung jawab terhadap tugasnya. Dalam pembelajaran tampak motivasi siswa saat belajar IPA masih rendah. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan penelitian tindakan kelas yang prosedur pelaksanaannya mengikuti prinsip dasar penelitian tindakan yang umum. Prosedur tersebut merupakan suatu proses siklus atau daur ulang, yang dimulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi/evaluasi, dan tahap refleksi. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus pertama ke siklus kedua. Berdasarkan data hasil penelitian pada siklus pertama dan siklus kedua, semua indikator mengalami peningkatan keberhasilan sesuai dengan yang diharapkan.
UPAYA MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR TENSES SISWA KELAS X SMAN 2 JEMBER MELALUIā€ HUWO GAME DAN PEER TUTORING MARIYANA MARIYANA
ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.84 KB) | DOI: 10.51878/action.v1i1.290

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan aktivitas serta hasil belajar siswa kelas X MIPA 8 SMA Negeri 2 Jember melalui teknik Huwo Game dan Peer Tutoring . Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas seperti yang dipaparkan oleh Kemmis dan MC Taggart yaitu yang terdiri dari empat komponen yang merupakan siklus mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan revisi . Penelitian ini dibagi menjadi 2 siklus yaitu siklus I dan II dan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Seluruh data diperoleh melalui observasi, tes dan wawancara. Penerapan Huwo Game dan Peer Tutoring ini dapat meningkatkan partisipasi dan aktivitas siswa dalam pembelajaran yaitu persentase keaktifan siswa mencapai 95,4%. Dengan teknik ini persentase jumlah siswa yang aktif menjawab pertanyaan guru mencapai 91,7% dan yang aktif dalam diskusi kelompok mencapai 94,4% sementara tingkat kehadiran siswa stabil yaitu 100%.Tidak hanya partisipasi dan aktivitas siswa yang meningkat akan tetapi jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat sangat signifikan dari sebelum pelaksanaan siklus I sampai pada akhir siklus II yaitu pada pra siklus hanya 17 siswa (47,2 %), menjadi 28 (78 %) setelah siklus I dan menjadi 34 (94 % )setelah siklus II. Dengan penerapan teknik Huwo Game dan Peer Tutoring pada pembelajaran Tenses, hasil belajar siswa mencapai ketuntasan secara klasikal yaitu lebih dari 85%.
PEMANFATAAN MEDIA POWTOON UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 6 TEBO ROHENAN ROHENAN
ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.404 KB) | DOI: 10.51878/action.v1i1.348

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan pemanfaatan media powtoon untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi materi sistem perekonomian Indonesia pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Tebo Provinsi Jambi tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2(dua) siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Tebo yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 77,28 dengan ketuntasan klasikal sebesar 60%, meningkat menjadi 81,42 dengan ketuntasan klasikal 85,71% pada siklus II. Pemanfaatan media powtoon dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Tebo pada mata pelajaran ekonomi materi sistem perekonomian Indonesia semester genap tahun pelajaran 2018/2019.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYANYIKAN LAGU INDONESIA RAYA MELALUI GABUNGAN TEKNIK FILM DAN DEMONSTRASI TERHADAP SISWA KELAS XI 3 DI SMA NEGERI 2 NGAWI TAHUN PELAJARAN 2018/2019 ANA ARY SETYANINGIH
ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.766 KB) | DOI: 10.51878/action.v1i1.350

Abstract

Penelitian ini menggunakan tindakan kelas dengan model Gabungan Teknik Film dan Demonstrasi. Lewat film, informasi dapat disampaikan secara mendalam. Media ini banyak digemari orang karena dapat dijadikan sebagai hiburan dan penyalur hobby. Selain itu, juga sebagai media pendidikan maupun menyampaikan pesan kepada masyarakat. Sedangkan metode demonstrasi merupakan cara pembelajaran dengan memperagakan atau mempertunjukan kepada siswa suatu proses, situasi, benda, atau cara kerja suatu produk teknologi yang sedang dipelajari yang bertujuan agar peserta didik memperoleh pengalaman belajar secara langsung setelah melihat, melakukan dan merasakan. Hasil dari tindakan kelas ini dapat dikatakan berhasil hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (rata-rata kelas dari siklus I dan ke II) yaitu masing-masing 78,89 dan 80,69. Pada siklus II kelas dalam keadaan tuntas.
KONSELING KREATIF DAN INOVASI DALAM PENELITIAN TINDAKAN BIDANG BIMBINGAN DAN KONSELING SUKO BUDIONO
ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.2 KB) | DOI: 10.51878/action.v1i1.360

Abstract

Bagi guru pengakuan dan penghargaan di atas harus dijawab dengan meningkatkan profesionalisme dalam bekerja. Guru dan dosen mesti berefleksi mengenai hakekat berkarya di dunia pendidikan dengan tujuan mencerdaskan kehidupan masyarakat. Mengajar, menulis dan meneliti merupakan aktivitas utama ketika seseorang berkecimpung dalam tugas pendidikan dan pengajaran. Untuk mewujudkan hal tersebut guru BK/konselor harus dibekali dengan kemampuan meneliti, khususnya untuk guru BK/konselor adalah penelitian tindakan bidang bimbingan konseling (yang selanjutnya disebut PTBK). PTBK adalah penelitian mengenai suatu tindakan yang dilakukan pada sebuah kelas/tempat khusus dengan tujuan memperbaiki mutu layanan. Guru BK/konselor menginginkan terjadinya perbaikan, peningkatan, dan perubahan pelayanan yang lebih baik agar tujuan pelayanan dapat dicapai secara optimal. Penelitian ini dirancang khusus oleh guru BK/konselor untuk peningkatan kualitas layanan yang dilaksanakan di sekolah. Penelitian tindakan dalam BK lebih menjanjikan dampak langsung dalam bentuk (1) perbaikan dan peningkatan profesionalisme guru BK/konselor dalam memberikan layanan konseling; (2) implementasi berbagai program di sekolah dengan mengkaji berbagai indikator keberhasilan proses dan hasil layanan yang terjadi pada konseli dan keberhasilan proses dan implementasi berbagai program sekolah.
PENERAPAN MEDIA VIDEO DENGAN MODEL E-LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA SISWA KELAS III MI NU 33 JOHOREJO KECAMATAN GEMUH KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020 AHMAD DURJANI
ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.335 KB) | DOI: 10.51878/action.v1i1.364

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatan hasil belajar Tematik melalui model e-learning dengan media video pada siswa Kelas III MI NU 33 Johorejo Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal. Hal ini dikarenakan guru hanya memberi tugas seperti mencatat dan membaca tidak menjamin siswa akan belajar di rumah. Pemberian tugas tanpa adanya materi pembelajaran yang disampaikan guru menyebabkan hasil belajar Tematik masih terbilang rendah atau masih dibawah KBM yaitu 75. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berupa penerapan model e-learning dengan media video dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa Kelas III MI NU 33 Johorejo Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus tediri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian pada siswa Kelas III MI NU 33 Johorejo Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal. Jumlah siswa 29 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model e-learning dengan media video dapat meningkatkan hasil belajar Tematik pada siswa Kelas III MI NU 33 Johorejo Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal. Dilihat dari hasil Pra siklus siswa yang tuntas KBM hanya 14 siswa (48,3%), dan 15siswa (51,7%) yang belum tuntas. Pada siklus I terdapat 24 siswa (82,8%) yang tuntas dan 5 siswa (17,2%) yang belum tuntas, dan pada siklus II terdapat 26 siswa (89,7%) yang tuntas dan terdapat 3 siswa (10,3%) yang belum tuntas. Dari peningkatan hasil belajar tersebut penelitian tindakan kelas ini di hentikan di siklus II karena telah mencapai kriteriaketuntasan klasikalyaitu ? 85% dari jumlah seluruh siswa tuntas belajar dan dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar Tematik pada siswa Kelas III MI NU 33 Johorejo Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2019/2020.
PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMPELAJARI LETAK DAN LUAS BENUA DI KELAS IX-4 MTS NEGERI 7 BLITAR TAHUN PELAJARAN 2018-2019 HAMIM TOHARI
ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (147.885 KB) | DOI: 10.51878/action.v1i1.365

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat suatu desain pembelajaran IPS berbasis Power Point yang dapat meningkatkan kualitas hasil belajar siswa kelas IX-4 MTs Negeri 7 Blitar dalam mempelajari Letak dan Luas Benua. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus di MTs Negeri 7 Blitar Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa kelas IX-4 MTs Negeri 7 Blitar mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II, yakni siklus I (66%), siklus II (100%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah desain pembelajaran berbasis media Power Point layak digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan kualitas hasil belajar IPS peserta didik MTs Negeri 7 Blitar pada materi letak dan luas benua dengan kategori sangat baik. Karena ada peningkatan aktifitas dan hasil belajar peserta didik dalam pelajaran IPS dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPS.

Page 1 of 2 | Total Record : 16